Khutbah Jumat Menjaga Lisan


يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَقُوْلُوْا قَوْلًا سَدِيْدًاۙ 

yâ ayyuhalladzîna âmanuttaqullâha wa qûlû qaulan sadîdâ

"Wahai orang-orang yang berimanbertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar."

Jamaah shalat Jumat yang dirahmati Allah subhanahu wa ta’ala
Segala puji serta syukur marilah kita panjatkan kepada Allah subhanahu wa ta’ala atas segala nikmatnya,Sehingga kita dapat berkumpul di tempat ibadah ini memenuhi panggilan-Nya untuk menunaikan shalat Jumat. Shalawat dan salam senantiasa tercurah kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa salam, keluarga, dan sahabat-sahabatnya.

Tentu, khatib mengajak kepada jamaah sekalian dan khususnya untuk diri khatib pribadi, marilah sama-sama kita menjaga kualitas ketakwaan kita sembari berusaha secara perlahan untuk meningkatkannya. Sebab dengan ketakwaan, Allah akan memberikan jalan kemudahan di setiap problem kehidupan yang kita alami.

Jama'ah Juma'ah Rahimakumullah
Berbicara merupakan salah satu ciri dan kelebihan manusia yang paling penting dibandingkan makhluk Allah lainnya.dengan lisan ,kita bisa berbicara berkomunikasi dengan sesama makhluk manusia.Lisan mempunyai peran penting dalam hidup kita yang dapat menentukan dalam kehidupan dunia dan akhirat.Karena lisan itu seperti pisau bermata dua .Jika kita mampu mengendalikannya ,kita akan selamat di dunia dan di akhirat, namun jika kita tidak mampu mengendalikannya,kita bisa sengsara di dunia dan akhirat.Jadi setiap kalimat yang keluar dari lisan kita akan di pertanggungjawabkan kepada Allah SWT.

Jama'ah Juma'ah Rahimakumullah
Dari uraian tadi sudah kita simpulkan bahwa Lisan kita mempunyai 2 dampak.Yaitu:

1.Lisan yang akan mengantarkan ke surga
Lisan yang bisa membawa kita ke surga Allah, adalah lisan yang selalu kita gunakan untuk mengucapkan perkataan yang baik.Sebagaimana firman Allah dalam Al Qur'an
"Dan katakanlah kepada hamba hamba-Ku:"Hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik(benar).Sesungguhnya syaitan itu menimbulkan perselisihan di antara mereka.Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia( QS Al Isra 53)

ayat tadi berpesan agar kita selalu berkata baik, dan perkataan yang tidak baik ,maka setan akan masuk dan menimbulkan perselisihan diantara kita.Bahkan Nabi Muhammad SAW bersabda "Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir,maka hendaklah ia berkata baik atau kalau tidak hendaklah ia diam saja. (HR Bukhari Muslim)

Dan tentu saja lisan yang sering digunakan untuk mengucapkan kalimat toyyibah,akan membawa kita ke surga Allah,seperti : membaca Al Qur'an ,bershalawat,istighfar, bertasbih,tahmid ,tahlil,takbir dsb.Juga lisan yang sering kita gunakan untuk menasehati orang lain,memberikan ilmu kepada orang lain,dsb akan membawa kita juga ke surga.

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah menggunakan lisan kita untuk mengajak orang kepada Allah,ke jalan kebaikan.Menyeru ke jalan Allah SWT adalah perbuatan para nabi dan rasul.Oleh karena itu Nabi Muhammad SAW pernah bersabda,"Sampaikanlah apa yang dariku,walaupun cuma satu ayat".

2.Lisan dapat juga membawa kita ke Neraka
Sesungguhnya setiap manusia di dunia sedang menanam kebaikan atau keburukan dengan perkataanya.Di Hari akhir kelak dia akan menuai apa yang dia tanam dengan perkataanya.Barangsiapa yang menanam sesuatu yang baik dari ucapannya,maka dia akan menuai kemuliaan/surga,dan sebaliknya yang menanam sesuatu yang jelek dari ucapannya ,maka dia akan menuai penyesalan/neraka.

Ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian untuk betul betul dijaga.Antara lain, jangan membiasakan lisan kita berdusta/ berbohong.Karena Nabi Muhammad SAW pernah bersabda ,"Tanda-tanda orang munafik itu ada 3, apabila ia bicara suka berbohong,apabila berjanji suka ingkar,dan apabila dipercayai dia akan berkhianat." (HR Muttafaqun 'alaih)

Dan juga harus kita perhatikan sekali ,jangan biarkan lisan kita bergunjing atau ghibah.Ghibah adalah dosa , yang diumpakan seperti memakan bangkai saudara kita sendiri.Sebagaimana firman Allah SWT:
Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.

Jama'ah Juma'ah Rahimakumullah
Mari kita agar selalu menjaga lisan kita dari hal hal batil dan menjerumuskan.Menjauhi diri dari perkataan yang mengandung permusuhan,kedengkian, fitnah, dan menjatuhkan harga diri orang lain.Kita sesama saudara umat islam agar saling nasehat dan menasehat agar bisa menjaga lisan kita dan tidak mudah diadu domba atau terprovokasi dari hal batil yang membuat dosa.
Mari juga kita berdoa kepada Allah  agar menjaga lisan kita dari segala hal yang tidak diridhoiNya.Insyallah ,Allah membantu kita.Amiin
Barakallahu liwalakum fil quranil karim, wa lisa iril mukminin innahu huwal ghofururrahiim


Posting Komentar untuk "Khutbah Jumat Menjaga Lisan"