Kultum Ramadhan Tentang Sabar

Allah SWT selalu menghendaki umat-Nya untuk berlaku sabar dan lapang dada dalam melakukan segala hal. Sabar sendiri merupakan kata serapan bahasa arab yang bermakna menahan diri.Jadi sabar merupakan sifat yang sangat penting dalam Islam.Allah SWT berfirman dalam Al Quran yang artinya "Hai orang-orang yang beriman ,bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu,dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan Negerimu) dan bertakwalah kepada Allah,supaya kamu beruntung."(QS Ali Imran 200) 
Ayat ini mengajarkan kita bahwa sabar dan keteguhan hati adalah kunci untuk mendapatkan keberuntungan. Sabar juga merupakan salah satu dari empat sifat utama para nabi dan rasul yang harus kita contoh Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan pentingnya sabar dalam menghadapi cobaan dan ujian kehidupan. 
sumber gambar : rs-erba.go.id
 Beliau bersabda, yang artinya: "Tidaklah seorang muslim ditimpa suatu kesedihan, atau kesakitan, atau kesusahan, atau gangguan, atau kegelisahan, bahkan hanya disengat oleh duri, melainkan Allah akan menghapuskan kesalahan-kesalahannya dengannya." (HR. Bukhari) 
 
dari hadis ini, kita belajar bahwa setiap ujian dan cobaan yang kita alami adalah kesempatan untuk menghapus dosa-dosa kita jika kita sabar dan bersabar. Oleh karena itu, mari kita coba untuk menjadi lebih sabar dalam menghadapi ujian-ujian kehidupan. Ingatlah bahwa setiap cobaan adalah sebuah kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menghapus dosa-dosa kita. ibadah puasa
 
Di Bulan Ramadhan ini akan meningkatkan derajat ketaqwaan kita kepada Allah. Karena ketika kita melaksanakan puasa, kita harus menahan diri dari segala yang dapat membatalkannya. Kita tidak makan dan tidak minum, kita juga harus bisa menjaga diri dari berbuat kemungkaran. Jadi puasa bukan hanya menahan hawa makan dan minum tetapi juga menahan hawa nafsu, amarah dan melatih kesabaran diri kita. Marilah kita bersama-sama memperkuat sikap sabar dalam diri kita, karena sesungguhnya Allah berada bersama orang-orang yang sabar. Semoga kita semua dapat menjadi hamba yang sabar dan istikamah dalam menjalani kehidupan ini. Amin.

Posting Komentar untuk "Kultum Ramadhan Tentang Sabar"