Pengajian Malam Sabtu 17 November 2023 "Bolehkah mengadakan Tahlilan? Bagaimana pendapat ulama dan berbagai organisasi Islam?


 

Ada yang mengatakan Dzikir Tahlil ada atau diciptakan pada zaman banyak Tarekat.Tarekat adalah jalan yang ditempuh berdasarkan syariat oleh seorang thariq atau pejalan untuk menuju jalan hakikat dengan lebih memahami, mengetahui, dan mengenal Allah SWT.Banyak sekali Tarekat -Tarekat di dunia ini, salah satu yang terkenal ,Yaitu Tarekat Qadiriyah, yang diciptakan Syekh Abdul Qadir Jaelani.

Tahlil diperkirakan muncul pada zaman tabi'ut tabi'in,yang adalah di antara tiga kurun generasi terbaik dalam sejarah manusia, setelah Tabi'in dan Sahabat.Ada juga yang berpendapat tahlil muncul pada zaman walisongo,yang merupakan usulan dari Sunan Kalijaga,yang berdakwah di tanah jawa.Pada Zaman itu Jawa masih beragama Hindu, dan dakwah Sunan Kalijaga ini menggunakan strategi akulturasi Budaya.

Tak heran jika ajaran Sunan Kalijaga terkesan sinkretis dalam ‎mengenalkan Islam, yaitu dengan memadukan antara tradisi budaya Jawa dan ajaran agama Islam sehingga terdapat kesesuaian di antara keduanya. Pada akhirnya syiar Islam pun menjadi mudah diterima oleh masyarakat karena tetap memperhatikan unsur nilai-nilai lokal yang digunakan dalam masyarakat

Posting Komentar untuk "Pengajian Malam Sabtu 17 November 2023 "Bolehkah mengadakan Tahlilan? Bagaimana pendapat ulama dan berbagai organisasi Islam?"